26 Februari 2024

Teknologi Informasi: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Prediksi Masa Depan


Teknologi informasi (TI) atau dalam bahasa Inggris information technology (IT) terus berkembang dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia.

Tak hanya sebagai pelengkap, teknologi informasi bahkan sudah seperti asisten dalam setiap aktivitas manusia.

Contoh paling gampang adalah penggunaan handphone (HP) yang perkembangannya sangat pesat. Pada awal tahun 2000-an, HP kebanyakan masih digunakan untuk telepon dan SMS.

Akhir 2000-an sudah ramai HP Blackberry yang disusul HP Android dan iOS, hingga bisa digunakan untuk transaksi keuangan.

Dalam artikel ini, akan kita bahas secara lengkap mengenai teknologi informasi, mulai dari pengertian, fungsi, contoh penerapannya di masa kini, serta prediksi TI di masa depan.

Pengertian Teknologi Informasi

Dilansir dari situs National Institute of Standards and Technology (NIST), teknologi informasi adalah setiap peralatan atau sistem atau subsistem peralatan yang saling berhubungan, digunakan dalam akuisisi, penyimpanan, manipulasi, manajemen, pergerakan, kontrol, tampilan, pengalihan, pertukaran, transmisi, atau penerimaan data atau informasi secara otomatis.

Istilah TI ini mencakup beberapa hal, antara lain komputer, peralatan tambahan, perangkat lunak, firmware, dan prosedur serupa, layanan (termasuk layanan pendukung), serta sumber daya terkait.

Selain definisi di atas, ada beberapa pengertian menurut para ahli yang dikutip dari penelitian di repository Universitas Islam Riau (UIR).

Menurut McKeown yang dikutip Suyanto, teknologi informasi adalah seluruh bentuk teknologi yang dipakai untuk menciptakan, menyimpan, mengubah dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.

Pengertian lainnya, menurut Martin, teknologi informasi tidak terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan lunak), tetapi mencakup teknologi komunikasi untuk memproses, menyimpan, mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Tujuan dan Fungsi Teknologi Informasi

Masih dari uir.ac.id, Sutarman menyebut tujuan dari teknologi informasi adalah membantu manusia dalam memecahkan masalah, membuka kreativitas, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan.

Ada enam fungsi dari teknologi informasi, yaitu:

1. Menangkap (Capture)

Teknologi informasi dapat menangkap atau menerima data masukan.

2. Mengolah (Processing)

Setelah menerima data, TI juga mampu mengolah data dengan cara mengkompilasikan catatan rinci dari aktivitas, misalnya menerima data masukan dari keyboard, kamera, mikrofon dan sebagainya.

Data itu kemudian diproses dalam bentuk konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis, perhitungan, dan sintesis segala bentuk data dan informasi.

3. Menghasilkan (Generating)

Yang dimaksud menghasilkan adalah menjadikan informasi dalam bentuk yang lebih berguna, misalnya tabel, grafik, dan laporan.

4. Menyimpan (Storage)

Adanya TI membuat data dapat disimpan ke suatu media, misalnya disket, tape, CD, DVD, hard disk, flash disk, hingga cloud storage.

5. Mencari Kembali (Retrieval)

TI mampu menelusuri atau mencari kembali data informasi yang sudah disimpan. Contohnya, mencari foto hanya dengan menyesuaikan wajah.

6. Transmisi (Transmission)

TI memudahkan manusia dalam mengirimkan data dan informasi dari satu tempat ke tempat lain melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data melalui bluetooth atau jaringan internet.

Contoh Penerapan Teknologi Informasi di Berbagai Bidang

Di masa kini, teknologi informasi sudah diterapkan ke berbagai bidang, antara lain sektor komunikasi, ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan. Berikut ini contoh penerapan TI di berbagai bidang:

  • Layanan SMS kini digantikan oleh WhatsApp yang lebih murah. Tak hanya teks, kini mengirim foto dan video juga semakin mudah.
  • Rapat kini tidak harus bertemu langsung, melainkan bisa menggunakan Zoom atau Google Meet.
  • Penerapan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah bermunculan, seperti pemanfaatan Chat GPT hingga AI Image Generator.
  • HP kini sudah berfungsi sebagai kartu debit, kartu kredit, dompet digital, dan alat pembayaran.
  • Jual beli produk bisa dilakukan secara online melalui e-commerce, TikTok, Instagram, dan sebagainya.
  • Saat pandemi COVID-19, sekolah dapat dilakukan secara online berkat kemajuan TI.
  • Materi pendidikan tak lagi mengandalkan buku pelajaran dari sekolah. Siswa bisa mencari sendiri dari internet.
  • Kemajuan teknologi memudahkan dokter dalam mendiagnosis suatu penyakit, misalnya dengan sinar X, MRI, CT Scan.
  • Pengobatan penyakit semakin canggih, misalnya kemoterapi, hemodialisis, dan sebagainya.

Prediksi Teknologi Informasi di Masa Depan

Kemajuan teknologi hari ini diyakini masih akan terus berkembang pesat dalam beberapa tahun mendatang.

Berikut ini beberapa prediksi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di masa depan yang dilansir dari Bigscal:

1. Kemajuan AI (Artificial Intelligence)

Kecerdasan buatan (AI) sudah digunakan saat ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Di masa depan, AI akan semakin maju hingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan.

AI dapat mengetahui personalisasi klien bisnis, meningkatkan keamanan siber. Banyak bidang yang akan mengalami otomatisasi atau dikendalikan oleh robot.

2. Perluasan Internet of Things

Internet of Things (IoT) mencakup jaringan gadget, sensor, dan sistem yang mengumpulkan dan berbagi data.

IoT sudah berdampak besar dalam kehidupan. Semua benda akan terhubung dengan internet di masa datang, seperti mobil dan rumah sehingga lebih aman dari pencurian atau kebakaran.

3. Teknologi 5G Meluas

Teknologi 5G sudah dapat dimanfaatkan saat ini, tetapi masih belum luas.

Dalam beberapa tahun ke depan, 5G membuat internet semakin cepat dan memungkinkan melakukan berbagai inovasi, seperti virtual reality.

4. Virtual dan Augmented Reality Semakin Umum

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) akan semakin umum digunakan di masa datang.

Misalnya teknologi semacam Metaverse kini belum bisa dimanfaatkan semua orang, tetapi mungkin nanti orang sudah umum menggunakannya.

Orang-orang bertemu secara digital dalam bentuk seperti nyata.

5. Teknologi Blockchain Makin Luas

Teknologi blockchain sudah dikenal di masa sekarang, misalnya dalam mata uang kripto atau bitcoin.

Teknologi ini akan semakin luas digunakan dalam berbagai hal. Keunggulannya adalah sistem sederhana, aman, terbuka, dan data tidak dapat dihilangkan.

6. Kendaraan Otonom

Selain kendaraan listrik, kendaraan otonom diprediksi akan semakin berkembang.

Kendaraan otonom adalah kendaraan tanpa pengemudi. Kendaraan ini diyakini mampu mengurangi kecelakaan akibat kesalahan manusia.

7. Drone

Drone atau pesawat tanpa awak kini sudah banyak dimanfaatkan. Di masa depan, penggunaan drone akan semakin banyak, terutama untuk transportasi dan operasi militer.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai teknologi informasi (TI), mulai dari pengertian, tujuan dan fungsi, contoh pemanfaatan di masa kini, serta prediksi perkembangan di masa depan. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Wasiat Rasulullah agar Kaum Muslimin Selamat di Akhir Zaman

Ilustrasi Hari Kiamat    Rasullulah SAW merupakan hamba Allah yang sangat  istimewa dan dicintai banyak umat. Ia adalah nabi terakhir yang d...